Berita

BPMP Bali Gandeng Pemda dalam Rakor Program UPT Kemendikbudristek: Menguatkan Kolaborasi untuk Sukseskan Program Merdeka Belajar

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bali melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Program UPT Kemendikbudristek Tahun 2024 di salah satu hotel kawasan Nusa Dua, Badung Bali. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 14 s.d. 16 Maret 2024.

Rakor Program UPT Kemendikbudristek dibuka secara resmi oleh Kepala BPMP Provinsi Bali I Made Alit Dwitama, S.T., M.Pd. dan dalam arahannya mengajak semua peserta untuk bergotong royong wujudkan pendidikan bermutu di Provinsi Bali sekaligus memaparkan program prioritas Kemendikbudristek, Kondisi Pendidikan di Provinsi Bali, serta memperkenalkan tim BPMP Bali dan Koordinator Kabupaten yang akan mengawal program dan memfasilitasi Pemda. Rakor Program UPT Kemendikbudristek diikuti 150 orang dari unsur: Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi, BKPSDM, Kementerian Agama, Dinas Kesehatan, Satgas PPKSP, unsur publikasi bidang pendidikan, Balai Guru Penggerak Provinsi Bali dan BPMP Provinsi Bali.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjalin sinergitas dan komunikasi serta merencanakan kerjasama terkait kebijakan Merdeka Belajar dengan pemerintah daerah. Materi yang disampaikan, diantaranya: Sosialisasi dan Koordinasi Program Kemendikbudristek, Refleksi Keterlaksanaan Program Merdeka Belajar Tahun 2023 dan Koordinasi Program Kerja Tahun 2024 dengan membedah satu persatu program prioritas. Program prioritas dimaksud antara lain: Sekolah Penggerak, Implementasi Kurikulum Merdeka, SDS dan Transformasi Digital, Perencanaan Berbasis Data, PPKSP, PPDB, Guru Penggerak menjadi Kepala Sekolah/Pengawas Sekolah, Asesmen Nasional, Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, Pemulihan Pembelajaran, Gerakan Sekolah Sehat, dan Pendidikan Inklusi yang disampaikan oleh Widyaprada BPMP Provinsi Bali selaku pendamping akademik di masing-masing program. Program-program prioritas tersebut akan dapat berjalan optimal jika ada kolaborasi antara BPMP Bali dengan pemerintah daerah.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan, dan Olahraga Kota Denpasar Drs. A.A. Gede Wiratama, M.Ag. hadir untuk berbagi Praktik Baik pelaksanaan PPDB di Kota Denpasar. Narasumber dari Balai Layanan Platform Teknologi Gamal Abdul Rohim, A.Md. I. Kom. hadir untuk memberikan penguatan kepada peserta tentang Kebijakan Regulasi dan Mekanisme Penggunaan dan Pemanfaatan Sistem Pengangkatan Guru Penggerak (GP) menjadi Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah (KSPS) serta praktik langsung untuk mengetahui alur pengangkatannya.

Berbagi Praktik Baik Program Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Jembrana, I Gusti Putu Anom Saputera, A.P., M.Si. sekaligus menutup kegiatan Rakor Program UPT Kemendikbudristek Tahun 2024 secara resmi. (rin)

Selengkapnya

Artikel Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button