BPMP Bali Gelar Rapat Koordinasi Penjaminan Mutu Pendidikan di Kabupaten Badung: Perkuat Pendidikan Berkualitas di Bali
Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Bali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penjaminan Mutu Pendidikan di Kabupaten Badung untuk membahas arah kebijakan, program prioritas, serta strategi peningkatan mutu pendidikan dasar dan menengah (Senin, 17/3/2025). Rakor yang dilaksanakan di Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung ini merupakan bagian dari upaya mendukung program nasional Asta Cita guna mewujudkan pendidikan berkualitas untuk semua.
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Badung I Gusti Made Dwipayana, SH., M.Si., membuka kegiatan rakor secara resmi. Hadir dalam rakor ini jajaran Disdikpora Kabupaten Badung yakni Kabid PAUD & PNF I Wayan Wirawan, S.Sos., M.AP, perwakilan dari bidang SD/SMP, Koordinator Pengawas dan MKKS/K3S, serta dari BPMP Provinsi Bali Arma Fetria, S.Pd dan Dewa Ayu Sri Herawati, SE., MM.
Dalam rakor ini dibahas mengenai Arah Kebijakan dan Program Prioritas Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah, khususnya Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Tim BPMP Provinsi Bali menyampaikan sejumlah kebijakan utama yang selaras dengan program prioritas Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. Beberapa program tersebut antara lain Pemberian makan siang dan susu gratis di sekolah; Pemerataan kesempatan pendidikan dengan program Wajib Belajar 13 tahun; Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan melalui renovasi sekolah serta pembangunan sekolah unggul terintegrasi di setiap kabupaten;
Peningkatan kompetensi literasi, numerasi, serta penguatan pendidikan karakter dan kesehatan sekolah.
BPMP Provinsi Bali saat ini telah menyusun pola kerja dan strategi implementasi guna mempercepat koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Tim kerja di lingkungan BPMP Provinsi Bali telah disusun berdasarkan jenjang pendidikan yakni Tim Kerja jenjang PAUD dan Kesetaraan, Tim Kerja jenjang SD, Tim Kerja jenjang SMP, Tim Kerja jenjang SMA, dan Tim Kerja Program Prioritas. Masing-masing tim kerja akan melakukan pemetaan mutu, pengembangan model, supervisi, fasilitasi, kemitraan, serta pemantauan dan evaluasi pendidikan. Selain itu, untuk mendukung peningkatan kualitas hasil belajar, BPMP Bali juga melaksanakan berbagai program inovatif, seperti pendampingan kurikulum nasional, transformasi digital dalam pembelajaran, serta penerapan perencanaan berbasis data untuk meningkatkan efektivitas kebijakan pendidikan.
Selanjutnya, dalam rakor ini Tim BPMP Provinsi Bali juga menyampaikan Program Unggulan yang akan diimplementasikan di tahun 2025 meliputi 1. Gerakan Sekolah Sehat yakni menanamkan kebiasaan hidup sehat melalui pola makan bergizi dan penguatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS); 2. Penguatan Pendidikan Karakter yaitu Implementasi program ‘7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat’ dalam pembelajaran; 3. Digitalisasi Pembelajaran dengan Pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dan teknologi dalam proses pembelajaran; 4. Sistem Penerimaan Murid Baru (SPMB) melalui Optimalisasi regulasi dan penyusunan petunjuk teknis penerimaan siswa baru di berbagai jenjang pendidikan; 5. Peningkatan Kualitas Guru dengan Pendampingan bagi guru penggerak serta peningkatan distribusi tenaga pendidik berkualitas; serta 6. Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah bahwa sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2025 tentang efisiensi belanja dalam APBN dan APBD, BPMP Bali menekankan pentingnya kolaborasi dengan pemerintah daerah dalam mencapai target pendidikan berkualitas. Sinergi ini mencakup pendampingan kebijakan, monitoring dan evaluasi program pendidikan, serta peningkatan efektivitas alokasi anggaran pendidikan.
Melalui kegiatan Rakor Penjaminan Mutu Pendidikan di Kabupaten Badung ini, BPMP Bali optimistis dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan mutu pendidikan di Bali, terutama di Kabupaten Badung, sejalan dengan visi pemerintah untuk menciptakan generasi yang unggul dan berdaya saing tinggi. (dwa)