LPMP Bali Melaksanakan Review Program Kerja Tahun 2019
Mengawali tahun 2019, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Bali melaksanakan Review Program Kerja Tahun 2019. Kegiatan dilaksanakan secara maraton sejak tanggal 2 s.d. 7 Januari 2019 di Ruang Telekonference dan Ruang Sarwa Guna II LPMP Bali. Kegiatan diikuti oleh seluruh pejabat struktural, widyaiswara, dan staf potensial LPMP Bali.
Kepala LPMP Bali, I Made Alit Dwitama, ST., M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan bahwa yang menjadi program prioritas di tahun 2019 ini adalah Program Sekolah Model, Program Sekolah Rujukan, Program Sekolah yang Disupervisi, dan Program Sekolah yang Diverifikasi Mutunya. Dalam penyusunan jadwal diharapkan jangan sampai berbenturan dan struktur program/materi dari masing-masing kegiatan tersebut perlu dimatangkan tujuan dan hasil yang diharapkan.
Program Kerja yang direview adalah terkait dengan penjadwalan kegiatan dari masing-masing Seksi Subbag sehingga dapat meminimalisir terjadinya bentrokan antar kegiatan/jadwal kegiatan antar seksi. Beberapa kegiatan memang membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga diperlukan strategi yang baik agar semua program dapat berjalan sesuai dengan harapan.
Program Kerja LPMP Bali Tahun 2019, sebagaimana disajikan dalam tabel berikut.
NO | PROGRAM |
1 | Penyusunan Peta Mutu dan Pengolahan Data Mutu di Kab/Kota |
2 | Penyusunan Peta Mutu dan Pengolahan Data Mutu |
3 | Analisis Data Mutu Pendidikan |
4 | Penyusunan Rekomendasi Peningkatan Mutu |
5 | Diseminasi Hasil Pemetaan Mutu Pendidikan |
6 | Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan |
7 | Penyusunan Bahan Supervisi Penjaminan Mutu Pendidikan |
8 | Bimbingan Teknis Supervisi Penjaminan Mutu Tingkat Provinsi |
9 | Bimbingan Teknis Penjaminan Mutu Tingkat Kabupaten |
10 | Bimbingan Teknis Perencanaan Pemenuhan Mutu |
11 | Supervisi Implementasi Pemenuhan Mutu Satuan Pendidikan |
12 | Evaluasi Hasil Supervisi Pemenuhan Mutu Satuan Pendidikan |
13 | Workshop Penyusunan Hasil Supervisi Pemenuhan Mutu Satuan Pendidikan |
14 | Diseminasi Hasil Supervisi Pemenuhan Mutu Satuan Pendidikan |
15 | Pendampingan SPMI Sekolah Model |
16 | Verifikasi Sekolah Model |
17 | Pendampingan Pengembangan SPMI Sekolah Model |
18 | Monitoring dan Evaluasi SPMI Sekolah Model |
19 | Diseminasi dan Seminar Hasil SPMI Sekolah Model |
20 | Gempita SPMI Sekolah Model dan Sekolah Rujukan |
21 | Sosialisasi SPMI |
22 | Bimbingan Teknis Pengawas Pendamping Sekolah Model dan Rujukan |
23 | Bimbingan Teknis Audit Internal SPMI Sekolah Model dan Rujukan |
24 | Bimbingan Teknis SPMI Sekolah Rujukan |
25 | Evaluasi Awal Pengembangan SPMI Sekolah Rujukan |
26 | Pendampingan Pengembangan SPMI bagi Sekolah Rujukan |
27 | Koordinasi Pelaksanaan lomba, festival, dan olimpiade Jenjang SMP |
28 | Pelaksanaan Gala Siswa Indonesia SMP (GSI) |
29 | Training OSN Jenjang SMP |
30 | Koordinasi Pelaksanaan Lomba, Festival dan Olimpiade TIngkat Provinsi |
31 | Koordinasi Pelaksanaan FLS2N Jenjang SD |
32 | Koordinasi Pelaksanaan O2SN Jenjang SD |
33 | Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Sekolah Dasar |
34 | Bantuan Pemerintah untuk Sekolah Dasar |
35 | Monitoring dan Evaluasi Penguatan Pendidikan Karakter Sekolah Model dan Sekolah Rujukan |
36 | Monitoring dan Evaluasi Pemenuhan Mutu Sekolah Rujukan |
37 | Workshop Evaluasi Hasil Pendampingan Pengembangan SPMI Sekolah Model dan Sekolah Rujukan |
38 | Monitoring dan Evaluasi TPMPD |
39 | Bimbingan Teknis SPME |
40 | Sarasehan Penguatan Pendidikan Karakter |
41 | Bimbingan Teknis Verifikasi Mutu Pendidikan dan Penguatan Pendidikan Karakter bagi Pengawas Sasaran |
42 | Bimbingan Teknis Verifikasi Mutu Pendidikan dan Penguatan Pendidikan Karakter bagi Kepala Sekolah |
43 | Bimbingan Teknis Penguatan Pendidikan Karakter bagi Tim Asistensi Daerah |
44 | Bimbingan Teknis Fasilitator Daerah Verifikasi Mutu dan Penguatan Pendidikan Karakter |
45 | Pengembangan Media Digital Implementasi PPK di Sekolah Model dan Rujukan |
46 | Pelaksanaan Verifikasi Mutu Pendidikan |
47 | Verifikasi dan Validasi Mutu Pendidikan |
48 | Analisis Hasil Verifikasi Mutu Pendidikan dan Penguatan Pendidikan Karakter |
49 | Diskusi Grup Terpumpun Penyusunan Rencana Aksi Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter |
50 | Diskusi Grup Terpumpun Evaluasi Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter |
51 | Workshop IHT Pengolahan dan Analisis Data Hasil Supervisi, Monitoring dan Evaluasi dan Profil LPMP |
52 | Workshop IHT Publikasi dan Layanan Informasi Peta Mutu Pendidikan |
53 | IHT Pengelolaan Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah |
54 | Penilaian Angka Kredit Guru (PAK) |
55 | Workshop Penyusunan Rencana Aksi Program Kerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Bali Tahun 2019 |
56 | Workshop Penyusunan RKAKL |
57 | Penyusunan Laporan Daya Serap Anggaran |
58 | Workshop IHT Penyusunan Laporan Keuangan |
59 | Penyusunan Sistem Akuntansi Instansi (SAI) |
60 | Workshop Penatausahaan Barang Milik Negara |
61 | Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM |
62 | Pembinaan Penguatan Karakter dan Kerohanian |
Data per tanggal 3 Januari 2019
Program kerja di atas terbagi menjadi lima output utama, dengan sasaran masing-masing, yaitu: 1) Satuan pendidikan yang terpetakan mutunya sebanyak 3.183; 2) Satuan Pendidikan yang disupervisi mutu pendidikannya sebanyak 170; 3) Satuan pendidikan yang difasilitasi berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan melalui Sekolah Model sebanyak 170; 4) Satuan pendidikan yang difasilitasi berdasarkan 8 Standar Nasional Pendidikan melalui Sekolah Rujukan sebanyak 71; 5) Satuan pendidikan yang diverifikasi mutu pendidikannya sebanyak 3.183.